BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test banner

PETANI DUSUN JAlAN BARU DAN KAMPUNG BUKIK MELAKUKAN GORO MEMBERSIHKAN IRIGASI PERSAWAHAN


MediaIndoabadi.co.id.30 -12-2023 Padang pariaman.
Puluhan petani dari korong sungaisirah nagari pilubang  Kecamatan sungailimau, Sabtu (30/12/2023) membersihkan saluran irigasi dengan cara bergotong-royong. Kegiatan ini dilakukan untuk menyambut musim tanam padi tahun ini.

Terlihat para petani tersebut membawa berbagai perlengkapan, Seperti cangkul, skop, parang dan keperluan lainnya untuk membersihkan irigasi yang sudah tersumbat.  

Efri Sandra ketua tani jalan baru mengatakan pembersihan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penumpukan lumpur, Sehingga terjadi pendangkalan saluran, yang nantinya akan menghambat lancarnya aliran air menuju kawasan persawahan di daerah tersebut.

Pembersihan irigasi ini dilakukan untuk menunjang kelancaran air irigasi di semua wilayah persawahan yang ada di dusun dua jalan baru dan kampung bukik ,” kata Efri sandra,sejauh ini irigasi wilayah setempat belum dapat melayani areal persawahan secara keseluruhan. “Setiap musim tanam kita wajib turun ke pintu irigasi, untuk memperbaiki saluran sekunder dan saluran primer dengan cara gotong-royong bersama kelompok tani. Kalau saluran testier, itu bisa menjadi tanggung jawab petani itu sendiri, yang penting induknya beres, anak-anak saluran itu pasti juga lancar,” ujarnya.  

walinagari pilubang bapak Asrul menyambut baik atas yang dilakukan oleh warganya. Karena saluran irigasi sebagai penyedia bahan baku air pertanian, yang harus terus dijaga kelancarannya agar produksi sektor pertanian dapat lebih berhasil. “Sehingga dapat mendongkrak kesejahteraan para petani, dan ketahanan pangan khususnya di korong sungaisirah,” kata bapak Asrul selaku wali nagari, menyatakan, kerja bakti seperti ini sangat baik untuk terus di lakukan karena akan turut mempererat jalinan silaturahmi antar warga,“Dengan kerja bakti kita akan saling dekat dan dapat saling tukar pikiran, Serta bisa mempererat rasa kekeluargaan,” imbaunya.

kujung adalah salah satu tokoh pemuda yang ikut Goro mengatakan,sebenarnya kendala terbesar bukan dari irigasi sekunder dan tersier ini,kendala terbesar itu adalah Palo Banda yang tak berpungsi degan baik semenjak tahun 2009,ini kami bersihkan hanya untuk megaliri air hujan saja ujarnya.

kujung juga menambahkan, petani dusun jalan baru dan kampung bukik ini,sangat susah mendapat kan air,dikarenakan haparan sawahnya paling dibawah ,jadi harus menunggu air dari atas dulu,sementara air diataspun sangat susah,dikarenakan kepalo Banda yang ada di Lubuak simantung tidak berpungsi, degan itu masyarakat berharap kepada pemerintahan setempat,terkususnya kepada bapak bupati dan wakil bupati padang Pariaman segera mengakhiri penderitaan petani yang ada dipilubang dalam masalah irigasi ini. 

reporter: Ade nofriadi candra

Posting Komentar

0 Komentar