BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test banner

Jalasenastri Puspenerbal Tinjau Pemberian Vitamin A di Posyandu Krisna

TNI AL- Puspenerbal (17/10/2023) | Ketua Gabungan Jalasenastri Puspenerbal Ny. Anik Imam Musani didampingi Ketua Cabang 3 Gabungan Jalasenastri Puspenerbal Ny. Naniek Heru Prasetyo melaksanakan kunjungan sosial dan meninjau pemberian Vitamin A kepada balita di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Kresna Juanda, Selasa (17/10/2023)

Kunjungan sosial ke Posyandu binaan Cabang 3 Jalasenastri Puspenerbal yang diikuti jajaran Pengurus PG dan Pengurus Cabang 3 Jalasenastri Puspenerbal tersebut, bertempat di Rumah Sakit Dr. Soekantyo Jahja, Lanudal Juanda.

Dalam kesempatan tersebut Ny. Anik, Ketua Gabungan Jalasenastri Puspenerbal berkesempatan memberikan Vitamin A kepada salah satu balita dari 81 balita di Posyandu Krisna Cabang 3 PG Puspenerbal.

Disela kegiatan, Ny. Anik mengatakan bahwa salah satu program utama posyandu adalah menyelenggarakan pemeriksaan bayi dan balita secara rutin. Hal ini penting dilakukan untuk memantau tumbuh kembang anak dan mendeteksi sejak dini bila anak mengalami gangguan tumbuh kembang.

Jenis pelayanan yang diselenggarakan posyandu untuk balita mencakup penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan dan lingkar kepala anak, evaluasi tumbuh kembang, serta penyuluhan dan konseling tumbuh kembang. Hasil pemeriksaan tersebut kemudian dicatat di dalam buku KIA atau KMS.

Semantara itu untuk Imunisasi wajib lanjut Ny.Anik, merupakan salah satu program pemerintah yang mengharuskan setiap anak usia di bawah 1 tahun untuk melakukan vaksinasi. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah menetapkan ada 5 jenis imunisasi yang wajib diberikan, yaitu imunisasi hepatitis B, polio, BCG, campak, dan DPT-HB-HiB.

"Dalam hal ini, posyandu menjadi salah satu pihak yang berhak menyelenggarakan program imunisasi tersebut. Tak hanya anak, ibu hamil pun juga dapat melakukan vaksinasi di posyandu, misalnya vaksinasi tetanus, hepatitis, dan pneumokokus," terangnya.

Posting Komentar

0 Komentar