BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test banner

Satdik-3 Sorong Siapkan 206 Prajurit Awaki Perbatasan Dan Pulau Terdepan Di Papua Dan Maluku


mediaindoabadi.co.id
Kabupaten Sorong Papua Barat Daya - Kaskoarmada III Laksamana Pertama TNI Rudhi Aviantara IH, S.E., M.Si, M.Tr (Han)., menghadiri acara pembukaan Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI Angkatan Laut  Angkatan ke-43 yang dilaksanakan di Lapangan Upacara Mako Koarmada III, Sorong, Papua Barat Daya.Senin (20/3/2023).

Pada kesempatan tersebut Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal), Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono menyatakan pembukaan program pendidikan sekaligus masa orientasi Dikmaba dan Dikmata TNI Angkatan Laut tersebut.

Program pendidikan yang mengutamakan putra daerah Papua dan Maluku tersebut digembleng melalui Satuan Pendidikan-3 (Satdik-3) Sorong, yang merupakan angkatan yang ke-empat padaProgram Pendidikan tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Satdik-3 Sorong, dan diikuti oleh 206 orang siswa terdiri dari Dikmaba 106 orang (Pria) dan siswa Dikmata sebanyak 100 orang (pria).  

Dalam sambutannya, Komandan Kodiklatal Letjen TNI Marinir Suhartono menyampaikan ucapkan selamat atas keberhasilan para siswa yang telah melewati tahapan-tahapan seleksi yang ditetapkan dalam sebuah proses rekrutmen penerimaan yang ketat, sehingga hari ini para siswa mulai masuk dalam Pendidikan Pertama Bintara dan Tamtama TNI Angkatan Laut.

“Mulai sekarang tanamkan dalam diri kalian kedisiplinan sebagai seorang prajurit TNI Angkatan Laut  yang patuh pada semua peraturan pendidikan yang telah ditetapkan Kodiklatal,’’ tegas Letjen Suhartono.

Program pendidikan ini akan dilaksanakan selama enam bulan, terbagi dalam tiga tahap. Tahap pertama pendidikan dasar keprajuritan selama tiga bulan, tahap kedua pendidikan dasar golongan selama satu bulan dan tahap ketiga pendidikan dasar golongan lanjutan selama dua bulan.

Pendidikan pertama ini ditujukan untuk mendidik dan membekali calon Bintara dan Tamtama TNI AL, menjadi prajurit yang berjiwa pejuang Sapta Marga yang memiliki kesamaptaan jasmani yang baik sehingga mampu melaksanakan tugas sebagai Bintara dan Tamtama TNI AL yang profesionalisme, modern dan Tangguh.

Memasuki tahap dasar keprajuritan, para siswa akan dibina fisik dan mental secara intensif dan sistematis dengan tidak memandang waktu siang maupun malam. Hal ini dimaksudkan untuk menyiapkan siswa yang semula berasal dari masyarakat umum untuk menjadi seorang prajurit matra laut yang tanggap,tanggon dan trengginas.

Ditempat terpisah, Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Agus Hariadi, M. Han mengatakan bahwa keberadaan Satdik-3 ini dalam rangka pemenuhan personel TNI AL untuk mengawaki organisasi yang terus berkembang. Hal ini sesuai dengan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali dalam pembangunan SDM yang profesional dan unggul.

(Kadispen Koarmada III/ Kolonel Laut (KH) R. Doni Kundrat)

Posting Komentar

0 Komentar